Cara Mudah Mengimport Data di Repository di Rapidminer Studio dengan Benar

Halo sobat, kesempatan kali ini saya akan membagikan mengenai rapidminer yang sekarang ini banyak digunakan oleh para dosen, mahasiswa, organisasi besar dan banyak lagi. Jika kita mengimportkan data di aplikasi rapidminer salah haru bagaimana ?

Itulah banyak orang yang pensaran jawaban apa yang harus di dasari dengan praktek rapid miner ini.

Kesalahan yang mengakibatkan banyak error adalah ketika kita memasukan format yang keleru tanpa memperhatikan struktur datanya. Kok bisa salah ? Karena ini berpengaruhb di akurasi hasil kerjaan sobat di akhir.

Dengan repository tool ini ialah berfungsi sebagai lokasi simpan yang terpusat untuk data serta proses analisa dengan aplikasi Rapidminer studio.

Cara Mengimport Data Repository di Rapidminer Studio

Di tutorial saya kali ini saya akan memberikan cara mengimport data ke dalam rapidminer dengan benar, simak tutorialnya berikut ini.

1. Buka software rapidminer sobat.

2. Lihat pada kotak yang bertulis Repository, lalu klik yang saya lingkari atau yang terbaru Import Data.


3. Jika sudah klik sesuai format data yang di inginkan nanti akan muncul directory yang terdapat dua pilihan My Computer dan Database.

4. Setelah itu sobat lihat pada kotak tipe file yang ada dibawah. Jika sobat upload dari My Computer maka data yang di impor hanya berbentuk excel dan csv. Dalam contoh saya memilih file tipe csv. Kemudian klik Next.

5. Kemudian setelah muncul kotak dialog baru tadi, selanjutnya kalian perhatikan apa data sobat sudah benar atau belum. Jika benar maka kalian klik Next lagi.

6. Atur Tipe Datanya. Nah pada implementasinya di ilmu data (data science) Hal ini adalah sangat PENTING untuk di pilih tipe data pada setiap atributnya atau kolom datanya. Pada setiap atribut datanya kalian klik icon gear atau tanda panah ke bawah pilih Change Type kemudian pilih tipe datanya.

Tipe nilai atribut :

Polynominal  : Nominal atau kategori yang isinya lebih dari dua nilai

Binominal  : Nominal yang terdiri dari dua nilai

Real  : Bilangan nyata, atau bisanya nilainya desimal

Integer : Bilangan bulat

Date_Time : untuk nilai tanggal dan waktu

Date : hanya untuk nilai tanggal

Time  : hanya untuk nilai waktu


7. Lalu siapkan lokasi penyimpan yang ada di Repository. Setelah itu klik Finish.

Yang terakhir ini adalah pastikan data kalian tadi sudah ada di kotak Repository yang terdapat pada kotak sisi kiri halaman proses rapidminer.

Begitulah cara mengimpor data kedalam repository di aplikasi rapidminer studio. Hal ini tidak bisa dianggap mudah atau sepele karena akan berpengaruh pada hasil akhirnya nanti.

0 Response to "Cara Mudah Mengimport Data di Repository di Rapidminer Studio dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel