Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Nmap: Aplikasi Untuk Audit Keamanan Jaringan Sobat!

NMAP

 Halo sahabat, bertemu lagi di blog saya ini depalepi.com kali ini saya akan membahaskan Pengertian, Fungsi dan Kegunaan Nmap: Penerapan audit cybersecurity (dijamin selesai!) - Audit atau inspeksi dalam arti luas berarti evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses atau produk. Artinya kita dapat mendefinisikan aplikasi audit keamanan jaringan sebagai aplikasi yang memeriksa keamanan sistem pada jaringan. Bagi mereka yang belum mengetahui apa itu sistem keamanan jaringan, sistem keamanan jaringan atau "keamanan jaringan" dalam bahasa Inggris adalah sistem yang mencegah dan mengenali penggunaan jaringan komputer yang tidak sah.

Lantas, apa pentingnya menjaga keamanan jaringan? Jika Anda memiliki data yang sangat rahasia, maka Anda pasti tidak akan melindungi data tersebut, juga tidak akan dicuri oleh orang lain. Sekarang anggaplah demikian, sistem buatan manusia tidak 100% sempurna dengan bahasa (tidak ada sistem yang aman) haha ​​... Oleh karena itu, keamanan jaringan sangat diperlukan untuk memprediksi akses ilegal seperti pencurian data dan botnet. Oleh karena itu kali ini mimin akan membahas sebuah aplikasi atau tool yang sangat berguna untuk mengaudit keamanan jaringan yaitu nmap. Nmap adalah salah satu aplikasi atau perangkat audit terpopuler di dunia. Ingin mempelajari selengkapnya? Oke silahkan simak konten lengkapnya di bawah ini.


Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Nmap


Pengertian dari NMAP

Nmap (Network Mapper) adalah sebuah aplikasi atau alat yang dapat digunakan untuk mengaudit dan mengeksplorasi keamanan jaringan.Alat tersebut diproduksi oleh Gordon Lyon atau yang lebih dikenal dengan Fyodor Vaskovich pada bulan September 1997. Alat tersebut memiliki lisensi open source, sehingga hanya dikembangkan secara gratis.Meskipun alat tersebut pada awalnya hanya dapat digunakan di sistem operasi Linux, Anda bisa mendapatkan alat tersebut secara gratis di hampir semua platform, seperti Microsoft Windows, Linux (semua distro) , Mac OS X, FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, Sun Solaris. , Amiga, HP-UX, dll.

Fungsi dari NMAP

Nmap berfungsi antara lain sebagai berikut:
  1. Host discovery - Mengidentifikasi host di jaringan. Misalnya, daftar host yang 
  2. Port Scanning - Untuk melihat port yang terbuka secara terperinci pada host target.
  3. Version detection - Menginterogasi layanan jaringan pada perangkat jarak jauh untuk menentukan nama aplikasi dan versinya.
  4. OS Detection - Mendeteksi karakteristik sistem operasi dan perangkat keras dari perangkat jaringan.
  5. Discover Vulnerabilities - Menemukan dan mengeksploitasi kerentanan dalam jaringan.
  6. Analisis Respons
  7. Mencari Subdomain
  8. Pengukuran Waktu Respons
  9. Dan lain sebagainya.

Cara Penggunaan Nmap :


        Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan yang dapat kalian gunakan di nmap

1. Memeriksa port yang terbuka (default)

nmap < host/ip target >

2. Memeriksa service yang berjalan pada port

nmap - sV <host/IP target>

3. Memeriksa spesifik port pada mesin target

nmap -p <host/IP target>

4. Mengidentifikasi sistem operasi di mesin

nmap <host/IP target>

Nah itu beberapa ulasan yang sedikit saya bagikan mengenai Audit Jaringan, 
Demikian artikel yang berjudul Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Nmap: Aplikasi Untuk Audit Keamanan Jaringan, semoga bermanfaat untuk semua dan dapat menambah wawasan.

0 Response to "Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Nmap: Aplikasi Untuk Audit Keamanan Jaringan Sobat!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel