--> Skip to main content

Cara Mengatasi Memori Card/Kartu Memori HP Tidak Terbaca di Android

Mas Kenapa sih memori ini kok tidak bisa digunain tidak terbaca ya ? apa sudah lama telepon tergores gores kena barang dan rusak ya ? begitulah pertanyaan-pertanyaan yang muncul di tetangga saya saat pulang kampung di karenakan merantau mencari ilmu teknologi di kota.

Memory Card merupakan sebuah penyimpanan file yang khusus untuk HP yang ada di genggaman zaman sekarang alias android maupun hp pintar. Yah namun Akan tetapi jika memori tersebut dipasang eh ternyata rusak, terus harus bagaimana dong apa lagi ataupun buang ? hehehe .

Untuk mengatasi beberapa cara yang harus dilakukan yaitu dengan yang saya bagikan ini mengenai memori card tidak terbaca, berikut ini.

Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca di HP Android


1. Bersihkan dengan penghapus karet

Cara ini memang begitu konyol yeah, namun bisa mengurangi efek yang muncul terjadinya tidak terbaca cara ini merupakan yang cukup ampuh yang banyak dilakukan yaitu dengan beli atau minjem sebentar karet penghapus adik ente lalu Gosokkan pada bagian besi yang berwarna kuning.


2. Lihat letak posisi memory

Untuk cara ini banyak yang lalai dilakukan para pengguna untuk menggunakan memori sebelum memasang coba perhatikan dengan baik dan benar jangan sampai melenceng sedikit pun.

Untuk meletakkan memori card pada Android sangat sensitif dan saya harap sebelum memasangnya matikan HP Android Anda dan pasang dengan posisi yang tepat dan benar.


3. Pindahkan ke hp lain

Teman-teman Saya harap coba dengan berani yaitu memindahkan memori Anda ke HP yang lain apakah terbaca atau tidak bahwa jika bisa dibaca maka hp android Anda ada yang bermasalah bukan di memory card nya.


Penyebab-penyebab Memori Card Tidak Terbaca


Dengan adanya permasalahan pastinya tidak luput dengan hal sebab akibat, Kenapa memori kok tidak bisa ? dari banyak pengalaman teman-teman saya yang sudah saya tanya ada juga penyebabnya sudah lama digunakan atau besi kuningnya itu menghilang serta sudah tidak layak pakai, maklumlah jika barang itu pastinya ada waktu rusaknya seperti meja saja yang lama tidak di tidak dipakai bisa saja di makan hewan kecil.


Berikut ini penyebab rusaknya memori pada Android ;

Partisi di Memori Card

Permasalahan pada partisi yang rusak sama halnya seperti pada komputer, hardisk, SSD yang memiliki sistem partisi untuk khusus di Android maupun tablet sendiri, nah jika partisi tersebut sudah rusak ataupun error maka hal yang harus dilakukan yaitu menggantinya fungsi pada partisi tersebut yang rusak juga menghambat kinerja Android yang sehingga muncul tidak terbacanya kartu memori.


Suka sekali memindah-mindahkan memori ke Smartfren Tipe HP lain.

Teman-teman pastinya pernah memindahkan memori ke hp lain karena ada keperluan yang mendesak, Akan tetapi jika dilakukan terus-menerus menyebabkan kerusakan dan timbul tidak terbacanya di HP.

Dari beberapa sumber sumber yang saya tahu ternyata hal tersebut bisa jadi memori anda itu error, dan terjadi pada bagian software maupun hardwarenya.


Umur memori kartu sudah tua

Penyebab pada memori yang sudah lama ataupun tua ini bisa menjadi penyebab Kenapa kok tidak terbaca di HP Android, bisa saja dan pasti jika memori card terpasang lama di hp serta yang berumur lebih dari 7 tahun juga bisa lebih dan pasti timbul kerusakan karena setiap jenis memori itu ada memiliki garansi yang lama dan juga kawetan yang berbeda-beda, merek pun juga berbeda.


Warna kuning pada memori atau kuningan tergores

Teman-teman Apakah pernah melihat pada suatu kartu memori yang ada kuning-kuningnya itu tergores atau lecet atau bahkan teman-teman pernah menggores nya, dan bisa juga hp jatuh tidak sengaja maka hal tersebut pasti membuat kartu memori terjadi kerusakan dan tidak bisa terbaca.
Kuningan tersebut memanglah sangat penting sebagai jalur akses perangkat kerasnya atau hardware agar dapat terbaca di sistem Android Anda.

Posisi Meletakan Kurang Pas

Jika teman-teman memasangkan memory card dengan melenceng maka yang timbul di Android saat dicek Penyimpanan tidak terbaca. Maka untuk itu sebaiknya perhatikan dengan sangat saat mencopot ataupun memasang di Android dengan baik dan benar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar