Skip to main content

Cara Mengatasi Dokumen Microsoft Word 2016 yang Rusak

Cara Mengatasi Dokumen Microsoft Word 2016 yang Rusak

Cara Atasi Dokumen Microsoft Word 2016 yang Rusak - Di Microsoft Office ada beberapa aplikasi, yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Outlook, Microsoft Powerpoint, Microsoft OneNote, Microsoft Access, Microsoft InfoPath, Microsoft Visio, Microsoft Lynic, Microsoft Project, Microsoft Publisher.


Namun di sini saya akan mempelajari semuanya, kita hanya mempelajari beberapa aplikasi dari Microsoft Office yang terkenal, yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint.

Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak pengolah kata andalan dari Microsoft. Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat laporan kantor dan surat lamaran kerja.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1983 dengan menggunakan nama lain, yaitu Multi Tool Word untuk sistem operasi Xenix. Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 itu bernama Microsoft Office Word. Di Microsoft Office 2013, namanya disebut Word. Microsoft office sendiri memiliki beberapa versi, yaitu Microsoft Office 2013, Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013, dan Microsoft Office 2016 terakhir.

Seperti jenis file komputer lainnya, file dokumen Microsoft Word juga dapat rusak karena berbagai alasan. Dapat disebabkan oleh virus, sistem yang bermasalah, prosedur mematikan komputer yang salah atau penyebab lainnya. Untuk menangani dokumen Word yang rusak, terutama di Word 2016, ada 3 solusi alternatif yang bisa diambil.

Cara Mengatasi File Microsoft Word yang Rusak


Cara Pertama: Metode pertama adalah menggunakan opsi Buka dan Perbaiki yang secara default di hampir semua versi Office. Pertama, jalankan aplikasi Microsoft Word dan buka dokumen kosong, atau langsung tekan tombol CTRL + O. Kemudian cari folder tempat file tersebut disimpan. Ingat, itu pasti folder tempat file disimpan ya, jangan langsung mengklik dokumen.

Tandai file yang rusak, lalu klik jarum di sebelah kanan tombol terbuka sehingga opsi lain muncul, lalu klik Buka dan Perbaiki. Maka dokumen akan terbuka sebagai dokumen baru, harap simpan kembali di tempat yang aman.

Cara Kedua: Metode kedua lebih sederhana, tetapi membutuhkan lebih banyak langkah. Jadi, praktis seperti ini, buka dokumen yang rusak kemudian Simpan Sebagai ke dokumen yang berbeda, misalnya RTF, Halaman Web atau Teks Plaint. Setelah itu, buka lagi dalam format baru dan simpan sebagai Simpan (Word) dalam format (docx).

Cara Ketiga: Dokumen Korup dan Tidak Dapat Dibuka • Metode ketiga ini diambil jika dokumen Word 2016 Anda benar-benar tidak dapat dibuka. • Buka dokumen kosong lalu klik Lihat - Konsep. • Kemudian klik File - Opsi - Tingkat Lanjut. Gulir mouse ke opsi Perlihatkan konten dokumen, centang opsi Tampilkan gambar placeholder dan Gunakan draf depan dalam tampilan Draft dan Outline. • Terakhir klik OK dan cobalah untuk membuka dokumen yang tidak dapat dibuka (rusak) lagi.

Cara Keempat: Metode terakhir juga untuk kasus-kasus dokumen yang tidak dapat dibuka. • Buat dokumen kosong, lalu klik Sisipkan - Sisipkan Objek - Teks dari File. • Ketika jendela explorer muncul, tandai dokumen yang tidak dapat dibuka dan klik Sisipkan. • Selesai, dokumen akan dimasukkan dalam dokumen baru. Semoga tips ini bermanfaat, silakan coba satu per satu ya gan, agar semuanya yang agan coba berhasil.

Saran saya ingin memberikan beberapa tips terakhir agar dokumen Microsoft Word tetap awet dan tidak rusak. Jangan mematikan komputer saat dokumen terbuka. Simpan dan kemudian tutup jendela dokumen secara berurutan sebelum mematikan komputer. Kecuali jika lampu tiba-tiba mati dan komputer mati.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar